Saturday, 24 February 2018

ADAB MEMASUKI BULAN RAMADHAN

Artikel 29 Mei 2017

ADAB MEMASUKI BULAN PUASA/RAMADHAN

1. Dianjurkan mandi di malam awal bulan puasa setelah tenggelam matahari
2. Memulai membaca Al-Qur'an, dan berusaha menghatamkannya di bulan tersebut
3. Berpuasa dengan niat berhati-hati (adanya kemungkinan akhir sya'ban dan hari syak) Maksudnya satu hari menjelang bulan puasa dianjurkan untuk berpuasa sunnah.
4. Sholat sunnah malam pertama adalah empat rakaat, dengan membaca dua puluh lima kali surat Al-Ikhlas setelah Al-fatihah (dalam setiap rakaat) Barangsiapa melakukannya akan diberi pahala/derajat para shodiqin dan para syuhada', diampuni dosanya, dan di hari kiamat tergolong orang-orang bertakwa.
5. Membaca doa Ketika Masuk bulan Romadhon dan doa Jausyan Kabir.

Doa Ketika Masuk Bulan Ramadhan

Doa ini adalah doa yang di ajarkan salah seorang ahlulbayt Nabi Muhammad saw yaitu Imam Ali Zainal Abidin As-sajjad a.s. ketika kita memasuki bulan Romadhon (malam pertama) doa ini adalah salah satu dari kumpulan doa-doa beliau yang ada di shohifah as-sajjadiyah, doa ke-44 :

Dengan Asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Penyayang. Ya Allah sampaikan sholawat atas Muham-mad dan keluarga Muhammad. Ya Allah, Segala puji bagi Allah yang membimbing kami untuk memuji-Nya, menjadikan kami para pemuji-Nya supaya kami bersyukur akan kebaikan-Nya, dan supaya Dia membalas kami dengan balasan orang-orang yang berbuat baik. Segala puji bagi Allah yang menganugerahi kami dengan agama-Nya, mengistimewakan kami dengan tuntunan-Nya, menunjuki kami kepada jalan-jalan kebaikan-Nya, supaya dengan karunia-Nya kami berjalan menuju ridho-Nya, dengan pujian kami yang Dia terima dan Dia ridhoi.

Segala puji bagi Allah yang menjadikan di antara jalan-jalan itu bulan-Nya, bulan Ramadhan, bulan Puasa, bulan Islam, bulan kesucian, bulan pembersihan, bulan menegakkan sholat malam, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelaskan petunjuk dan pembeda. Dia menjelaskan kemuliaan-Nya di atas semua bulan menjadikan di dalamnya kesucian yang berlimpah dan keutamaan yang terkenal, Dia mengharamkan di dalamnya yang dihalalkan di bulan lain sebagai pengagungan. Dia larang di dalamnya makan dan minum sebagai penghormatan, Dia jadikan di dalamnya waktu yang tegas tidak boleh di dahulukan tidak boleh di akhirkan. Lalu Dia muliakan satu malam di antara malam-malam-Nya di atas malam-malam seribu bulan, Dia namakan Laylatul qodar, pada malam itu turun Malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin tuhannya untuk mengatur segala urusan sejahteralah terus menerus menaburkan berkat sampai terbit fajar kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan-Nya.

Ya Allah sampaikan sholawat kepada Muhammad dan keluarganya, ilhamkan kepada kami mengenal karunia-Nya, mengagungkan kesucian-Nya, menjaga apa yang dilarang-Nya. Bantulah kami untuk menjalankan puasa-Nya dengan menahan anggota badan dari maksiat kepada-Nya dan menggunakannya untuk apa yang diridhoi-Nya sehingga telinga-telinga kami tidak kami arahkan pada kesia-siaan dan mata-mata kami tidak kami pusatkan pada kealpaan. Sehingga tangan-tangan kami tidak kami ulurkan pada larangan dan kaki-kaki kami tidak kami langkahkan pada keburukan, sehingga perut-perut kami tidak kami isi kecuali yang Kau halalkan dan lidah-lidah kami tidak berbicara kecuali yang Kau contohkan. Kami tidak melakukan kecuali yang mendekatkan pahala-Mu. Kami tidak mengerjakan kecuali yang menjaga kami dari siksa-Mu. Maka bersihkanlah itu semua dari riya, tukang riya’, dari pamer tukang pamer. Di bulan itu kami tidak akan menyekutukan siapapun kepada-Mu kami tidak akan mencari kerinduan selain kepada-Mu.

Ya Allah sampaikan sholawat kepada Muhammad dan keluarganya, bantulah kami di bulan Ramadhan untuk memperhatikan waktu-waktu sholat yang lima dengan hukum-hukumnya, yang Kau tentukan fardhu-fardhunya yang Kau fardhukan tugas-tugasnya yang Kau tugaskan dan waktu-waktunya yang Kau tetapkan. Di dalam sholat kami, naikkan kami kepada kedudukan orang yang memelihara kedudukannya, menjaga rukun-rukunnya, melakukannya pada waktunya sesuai dengan apa yang disunahkan hamba-Mu rasul-Mu saw dalam rukuknya, sujudnya dan semua geraknya dengan kesucian yang paling banyak dan paling sempurna dengan kekhusyukan yang paling tampak dan paling dalam. Dalam bulan ini bantulah kami untuk menyambungkan persaudaraan dengan kebaikan dan kekeluargaan memperhatikan tetangga kami dengan bantuan dan pemberian. Membebaskan harta kami dari tuntutan, membersihkannya dengan mengeluarkan zakat. Menyambung lagi orang yang menjauhi kami memperlakukan dengan adil orang yang menyakiti kami. Berdamai dengan orang yang memusuhi kami kecuali yang dimusuhi karena-Mu dan untuk-Mu, karena dia itu musuh yang tidak kami senangi dan golongan yang tidak kami sukai. Dalam bulan ini bantulah kami untuk mendekati-Mu dengan amal-amal yang suci yang membersihkan kami dari dosa, menjaga kami dari mengulangi cela, sehingga amal yang dipersembahkan para Malaikat-Mu kurang dari pintu-pintu ketaatan dan macam-macam peribadatan yang kami persembahkan.

Ya Allah daku bermohon kepada-Mu demi hak bulan ini, demi hak siapa saja yang menyembah-Mu sejak per-mulaan sampai waktu kematian, para Malaikat yang Kau dekatkan, para Nabi yang Kau kirimkan, para hamba saleh Kau istimewakan, sampaikan sholawat kepada Muham-mad dan keluarganya. Di bulan ini jadikan kami orang yang layak menerima anugerah-Mu yang Kau janjikan kepada para kekasih-Mu, yang Kau pastikan kepada orang yang bersungguh-sungguh beribadat kepada-Mu. Tempat-kan kami dalam kelompok orang yang berhak mendapat tempat paling mulia dengan rahmat-Mu.

Ya Allah sampaikan sholawat kepada Muhammad dan keluarganya. Jauhkan dari kami ketergelinciran dari tauhid-Mu kekurangan dalam memuji-Mu, keraguan akan agama-Mu, kebutaan dari jalan-Mu, kelalaian akan kesucian-Mu, ketertipuan oleh musuh-Mu setan yang terkutuk!

Ya Allah sampaikan sholawat kepada Muhammad dan keluarganya. Jika pada malam-malam bulan-bulan ini ada hamba yang tengkuknya dibebaskan dengan ampunan-Mu atau dianugerahi maaf-Mu, masukkan tengkuk kami di dalamnya, tempatkan kami pada kelompok dan orang yang paling baik di bulan kami ini.

Ya Allah hilangkan dosa-dosa kami, bersamaan dengan hilangnya bulan sabitnya, lepaskan kami dari tuntutan atas kami bersamaan dengan berlalunya hari-harinya sehingga ketika bulan itu meninggalkan kami Engkau sudah membersihkan kami dari kesalahan. Engkau sudah melepaskan kami dari keburukan.

Ya Allah sampaikan sholawat kepada Muhammad dan keluarganya di bulan ini, jika kami menyimpang luruskan kami, jika kami tergelincir tegakkan kami, jika syetan musuh kami mencengkram kami selamatkan kami.

Ya Allah penuhi bulan ini dengan pengabdian kami kepada-Mu, hiasi waktu-waktunya dengan ketaatan kami kepada-Mu. Bantulah kami pada waktu siangnya dengan puasa dan malamnya dengan sholat, khusyuk, bersimpuh dan merendah kepada-Mu, sehingga siangnya tidak menyaksikan kami dalam kelalaian, malamnya tidak melihat kami dalam kealpaan. Ya Allah jadikan kami seperti ini juga di bulan-bulan yang lain sepanjang Kau hidupkan kami. Jadikan kami di antara hamba-hamba-Mu yang sholeh yang mewarisi firdaus, mereka kekal di dalamnya. Yang memberikan apa yang mereka berikan, sedang hatinya bergetar bahwa mereka akan kembali kepada Tuhan mereka termasuk orang-orang yang berlomba mendapat kebaikan dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya.

Ya Allah sampaikan sholat kepada Muhammad dan keluarganya pada setiap waktu dan saat pada segala keadaan sebanyak sholawat yang Kau berikan berlipat-lipat dari itu semua dengan kelipatan yang hanya Engkau dapat menghitung-Nya sesungguhnya Engkau melakukan apa yang Kau kehendaki.

Sumber:ABNA.ir

 

More in this category: MENUJU TUHAN DI BULAN SUCI »

Al-Mu'ammal

Yayasan Al-Mu'ammal adalah Yayasan Islam yang bergerak di bidang dakwah dan penerbitan.

Yayasan AL-Mu'ammal berkomitmen memberikan kontribusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa demi mencapai kemajuan dan kejayaan Indonesia yang bermartabat. Mencerahkan pemikiran keislaman dalam bingkai kebhinnekaan dan menjunjung tinggi perbedaan.

Statistik Pengunjung

026861
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Ini
Semua
43
236
848
2435
26861

Your IP: 54.167.29.208
2018-02-24 14:44

YAYASAN AL-MU'AMMAL

Jl. H.A Salim, Gg. VI No. 2, Pekalongan, Jawa Tengah.

Hp. 0859 5960 4020, Email. info@al-muammal.org